China Golf Association (CGA) dan Asian Tour telah mengumumkan kemitraan strategis mereka yang bertujuan lebih mendorong perkembangan golf dengan menciptakan sejumlah turnamen baru di China yang akan di-sanction oleh kedua badan tersebut.

Dengan kolaborasi baru ini, CGA dan Asian Tour berencana untuk menggelar empat turnamen baru di China sepanjang tahun ini di mana hadiah uang yang dimenangkan akan dihitung juga dalam Order of Merit Asian Tour dan Order of Merit China Tour.

Para pegolf dari China Tour berkesempatan untuk mendapatkan keanggotaan pada Asian Tour juga dengan lima pemain teratas dari Order of Merit China Tour akan otomatis lolos ke Babak Final Asian Tour Qualifying School 2018. Sementara juara dari turnamen co-sanction ini juga akan otomatis mendapat keanggotaan Asian Tour di bawah kategori juara.

Hadiah uang yang diperebutkan akan bervariasi dari US$300.000 sampai US$500.000. Dan akan lebih banyak turnamen CGA dan Asian Tour yang berstatus co-sanction yang bakal digelar tahun depan.

”Mewakili CGA, dengan gembira kami mengumumkan kemitraan yang baru dan luar biasa dengan Asian Tour. Terakhir kalinya kami bekerja sama dengan Asian Tour ialah pada 2008 lalu. Kami menyambut kembalinya Asian Tour ke China dan tak sabar untuk menggelar turnamen bersama-sama sebagai bagian untuk mengembangkan golf di China dan juga Asia,” ujar Wang Liwei, President of China Golf Association.

Nada serupa juga diungkapkan oleh CEO Asian Tour Josh Burack.

”Kami merasa terhormat bisa membina kemitraan strategis dengan CGA, yang merupakan pengembangan yang signifikan bagi golf profesional di Asia. CGA dengan luar biasa membagikan visi mereka untuk menumbuhkan golf di China yang sejalan dengan misi kami, untuk melakukan hal yang sama di China dan seluruh Asia,” ujar Burack.

Lebih lanjut lagi, Burack menyebut kemitraan in tak hanya memberi lebih banyak peluang bermain bagi para anggota Asian Tour, tapi juga memberi kesempatan bagi para pegolf China untuk bersaing di level tertinggi sembari berusaha memenangkan poin yang lebih besar pada Official World Golf Ranking.

Sebagai anggota dari International Federation of PGA Tours, Asian Tour telah ikut menopang WGC-HSBC Champions yang tiap tahun diselenggarakan di Shanghai dan merupakan satu-satunya ajang World Golf Championship yang digelar di Asia. Sampai saat ini, ajang tersebut merupakan satu-satunya ajang yang disokong oleh Asian Tour di China.

Sebelumnya, Asian Tour telah ikut menyokong dan menggelar beberapa turnamen di China bersama CGA pada periode 1995-2008. Pada masa itu, sekelompok pegolf profesional China muncul ke permukaan, dengan Zhang Lian-wei sebagai yang paling sukses.

Sebagai anggota komite pada CGA, Zhang juga mengaku gembira dengan kerja sama strategis ini.

”Saya memulai karier di Asian Tour dan sirkuit ini telah memberi saya banyak peluang untuk bertumbuh dan berkembang sebagai pemain. Saya ingin berterima kasih secara khusus kepada Wang Liwei dan China Golf Association untuk dukungan mereka terhadap Asian Tour. Saya yakin kemitraan ini akan makin memperkuat pertumbuhan, yang terutama dalam jangka panjang akan mempromosikan perkembangan golf di China,” tutur Zhang.