Perjuangan empat pegolf terbaik Indonesia pada ajang Asia-Pacific Amateur Championship yang berlangsung di Royal Wellington Golf Club, Selandia Baru, masih berlanjut.

Pada putaran kedua (27/10), Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Jonathan Wijono, Almay Rayhan Yaqutah, dan Kevin Caesario Akbar berhasil memastikan lolos cut setelah masing-masing membukukan skor 142, 142, 144, dan 147. Sementara Tirto Tamardi harus tersisih lantaran bermain 7-over 149.

Kemarin (28/10), Naraajie kembali membukukan skor 1-under 70 berkat tiga birdie di hole 2, 7, dan 18, dengan bogey di hole 3 dan 8. Dengan catataan skor tersebut, untuk sementara ia berada di peringkat T11, 7 stroke dari pimpinan klasemen asal China, Lin Yuxin.

Sementara itu, Jonathan berada 2 stroke di belakang Naraajie dan berada di peringkat T16 setelah bermain even par 72.

Adapun Almay dan Kevin terlempar cukup jauh setelah performa mereka kembali menurun. Masing-masing bermain 76 dan 75 dan berada di peringkat T46 dan T55.

Putaran final tengah berlangsung saat berita ini diturunkan dan keempat pemain ini masih berpeluang untuk memperbaiki peringkat mereka.

Sementara itu, perebutan gelar juara juga akan semakin seru, mengingat Lin hanya unggul satu stroke dari dua pegolf lainnya. Lee Min Woo asal Australia dan rekan senegara Lin, Andy Zhang sama-sama membukukan skor 7-under 206.

Lin yang diuntungkan dengan kemampuannya memukul jauh merasa yakin dirinya bakal sanggup memenangkan turnamen yang memberi tiket untuk mengikuti The Masters dan, untuk pertama kalinya, The Open.

”Bakal menjadi suatu kehormatan untuk bisa memenangkan turnamen ini dan bermain pada The Masters dan The Open,” ujarnya. ”Saya akan bermain agresif dan berusaha memenangkan turnamen ini.”

Saat ini ia berada di tengah lima pekan turnamen berturut-turut, termasuk turnamen pada European Challenge Tour, Asian Tour, dan PGA TOUR China, lalu Nomura Cup. Lalu pada bulan November nanti dia bakal mengikuti Australian Open untuk yang kedua kalinya.

Pada putaran ketiga kemarin (28/10), Lin membukukan 2-under 69 dengan mencatatkan birdie di hole terakhirnya.

”Pukulan bunker yang bagus karena saya harus melakukan kuda-kuda yang tidak biasa, jadi saya merasa cukup puas bisa mendapat birdie di hole terakhir,” ujar Lin. ”Saya merasa cukup puas dengan skor saya, terutama setelah triple bogey di hole 6. Saya berusaha untuk tetap tenang kali ini dan berhasil.”