Carl Jano B. Corpus dari Filipina berhasil menjadi juara individual overall putra (Divisi A dan B) pada final  Ciputra World  Junior Golf Championship 2017 di Damai Indah Golf PIK Course, Jakarta, sore ini (9/6). Carl berhasil memastikan prestasinya tersebut setelah mencatatkan 4-over 292 selama empat hari pertandingan.

Memimpin turnamen ini sejak putaran awal, pada hari terakhir ini Carl mencatatkan 2-over 74 dan bersaing ketat dengan pegolf asal Jepang, Taiga Semikawa yang harus puas berada di peringkat kedua dengan total skor 5-over 293.

”Kunci sukses saya hari ini adalah bisa melakukan putting dengan baik. Green-nya sulit dan angin nya cukup kencang. Syukur kepada Tuhan saya bisa menjadi juara. Ini adalah kemenangan besar untuk saya. Tahun depan saya ingin bermain lagi di turnamen ini untuk mempertahankan gelar juara,” kata  Carl yang mengidolakan Jason Day dan Juvic Pagunsan ini.

Keikutsertaannya kali ini adalah keikutsertaan kedua pada turnamen ini setelah tiga tahun lalu, di Damai Indah Golf BSD Course ia berhasil menempati posisi ketiga Divisi C Putra.

Andalan Indonesia, Jonathan Wijono, harus puas finis di posisi kedua Divisi A Putra dengan 10-over 298. Ia mengaku kurang puas dengan performanya.

”Green-nya kali ini licin, padahal waktu practice tidak begitu licin. Green-nya juga sangat tricky,” jelas remaja asal Surabaya ini.

Sementara itu, Taglao Jeeravivitaporn dari Thailand berhasil menjuarai kategori individual overall putri (Divisi A dan B) dan meraih Piala Ciputra. Ia menjadi satu-satunya peserta tahun ini yang berhasil mencatatkan total skor under, yaitu 2-under 214. Pada putaran terakhir, ia berhasil bermain 3-under 69 untuk memastikan keunggulan dua stroke atas pesaing terdekatnya, Sara Ota dari Jepang.

”Saya sama sekali tidak berpikir bakal memenangkan trofi. Jadi, kemenangan ini jelas sangat penting. Ini merupakan kemenangan terbesar yang pernah saya raih,” tutur Taglao.

Adapun Patricia Sinolungan yang sempat memimpin pada putaan kedua harus puas menjadi runner-up setelah mengumpulkan 4-over 220.

”Permainan saya hari ini sebetulnya cukup baik, tapi di hole 15 ada kecelakaan, saya membuat double bogey, lalu kena bogey. Putting saya juga kurang bagus, banyak yang meleset,” jelas Patricia.

Lapangan karya desainer Robert Trent Jones Jr ini memang ditata dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi daripada tahun lalu. Dengan rough yang tebal dan green yang lebih licin, tak banyak pemain yang bisa bermain under. Catatan terbaik pada hari terakhir berhasil diraih oleh Sara Ota yang bermain 6-under 66. Sayangnya, performanya ini datang cukup terlambat sehingga ia belum dapat mengulangi prestasi rekan senegaranya tahun lalu, Nasa Hataoka, yang mencatatkan skor fenomenal 14-under 202.

Tim Filipina I raih Piala Gubernur DKI
Tim Filipina I yang terdiri dari Carl Jano B. Corpus dan Jolo Timothy L. Magcalayo menjadi juara tim putra dan meraih Piala Gubernur DKI. Kedua pemain ini mengumpulkan 599 pukulan, mengungguli Tim Indonesia I yang beranggotakan Jonathan Wijono dan Jose Emmanuel Suryadinata yang mengumpulkan skor 614.

Sementara Tim Thailand II yang terdiri dari Kan Bunnabodee dan Unyamanee Wongaroon menjuarai kategori putri dengan 434 pukulan. Tim Jepang yang diperkuat Sara Ota dan Miku Abe meraih posisi runner-up dengan total 439.

Juara Tim-resize