Miguel Angel Carballo kembali meraih kemenangan Asian Development Tour lewat babak play-off, partai play-off kedua dalam dua pekan berturut-turut.

Mantan pegolf PGA TOUR asal Argentina, Miguel Angel Carballo, kembali mengangkat trofi setelah berhasil menjuarai Singha Laguna Phuket Open. Uniknya, ia meraih kemenangan ini dengan kembali memainkan hole tambahan.

Carballo berhasil menjadi salah satu dari tiga pemain yang harus melakoni partai play-off setelah menorehkan skor 6-under 64 pada putaran final hari ini (19/5). Dua pemain lainnya ialah pegolf tuan rumah Chinnarat Phadungsil dan Kim Joohyung.

Mengawali hari terakhir dengan tertinggal empat stroke dari pegolf remaja asal Korea Kim, upaya Carballo tampaknya menempuh jalan terjal ketika harus mendapat bogey di hole pertama di Laguna Golf Phuket.

Namun, ia segera bangkit dan mendapat birdie di hole 2, sebelum kemudian meraih lima birdie berturut-turut dari hole 6 hingga hole 10. Ia kemudian mendapat eagle di hole 14, dan bisa saja memenangkan turnamen ini dengan hanya memainkan 72 hole, namun bogey di hole terakhir memaksanya harus bermain di babak play-off.

Publik golf di Indonesia tentu masih ingat partai play-off epik ketika Carballo memenangkan Ciputra Golfpreneur Tournament presented by Panasonic tahun lalu. Setelah memainkan 72 hole, ia harus menempuh tujuh hole tambahan untuk memastikan kemenangan pertamanya di Asia.

Kali ini ia tak lagi memerlukan tujuh hole lantaran menuntaskan tugasnya di hole play-off pertama. Kembali memainkan hole 18 par 4, Carballo berhasil memasukkan putt krusial dari jarak enam kaki untuk mencatatkan birdie, yang cukup memberinya kemenangan.

“Dengan sejarah panjang kami sebagai destinasi ajang olahraga, termasuk maraton dan triatlon, turnamen golf profesional ini kini menjadi sorotan lain dalam kalender tahunan kami.” – Ravi Chardran, Managing Director Laguna Golf Phuket

“Saya bermain solid dalam empat putaran dan melakukan pukulan dengan baik. Semua putt birdie saya ada di jarak sentuh atau di bawah 10 kaki dan saya memberi banyak peluang bagi diri sendiri. Hari ini saya mendapat bogey di hole pertama dan hole 18, dua hole di mana saya terpaksa melakukan tiga putt,” ujarnya.

Pemenang Order of Merit ADT musim lalu ini jelas sangat puas bisa kembali meraih kemenangan, apalagi ia berniat untuk mudik sejenak, kembali ke Argentina.

“Saya sangat senang bisa menang lagi. Ini kemenangan play-off kedua saya di ADT dan datang pada saat yang tepat karena saya berencana untuk pulang ke Argentina selama sebulan setelah ini. Target saya sekarang adalah menang di Asian Tour,” imbuhnya.

Dengan modal hadiah uang US$9.121 yang ia bawa pulang, plus enam poin OWGR, Carballo memiliki modal yang cukup untuk pulang kampung.

Bagi Laguna Golf Phuket, penyelenggaraan kali ini menjadi sangat penting setelah mereka menerima penghargaan Best Sports Event Venue di Thailand.

“Kami berterima kasih kepada All Thailand Golf Tour dan Asian Development Tour yang membawa ajang ini kembali ke Laguna Phuket. Dengan sejarah panjang kami sebagai destinasi ajang olahraga, termasuk maraton dan triatlon, turnamen golf profesional ini kini menjadi sorotan lain dalam kalender tahunan kami,” ujar Ravi Chardran, Managing Director Laguna Golf Phuket.

“Meskipun tidak ada yang bisa membawa pulang hadiah hole-in-pne dari Banyan Tree Group senilai US$10.000, Miguel Carballo bisa menginap di resor teratas kami di Banyan Tree Phuket sebagai bagian dari hadiah kemenangannya.”

Leave a comment