Thomas Bjorn resmi ditunjuk bagian dari Dewan European Tour dan menjabat sebagai Direktur Non-Eksekutif.

Pegolf Denmark tersukses Thomas Bjorn telah resmi melakoni tugas barunya. Bjorn, yang mengoleksi 15 gelar European Tour telah ditunjuk untuk menjabat sebagai Direktur Non-Eksekutif pada Dewan European Tour.

Bjorn mendapat nominasi untuk menjabat posisi tersebut oleh Komite Turnamen European Tour. Posisi ini membuatnya kini jelas sangat penting karena melaluinya ia bisa menghadirkan perspektif para pemain saat ini kepada Dewan di European Tour. Dan penunjukan ini terasa sangat istimewa, mengingat tahun 2020 ini menandai 25 tahun kiprah pegolf kelahiran Silkeborg ini di kancah European Tour. Ia melakoni debutnya pada tahun 1996 silam.

Dalam kurun waktu tersebut, Bjorn juga telah melakoni peranan yang tak kalah pentingnya bagi European Tour. Pada periode 2007-2016 ia sempat menjabat sebagai Ketua Komite Turnamen. Ia menyudahi masa jabatannya setelah ditunjuk sebagai Kapten Tim Eropa untuk Ryder Cup. Kala itu ia memutuskan mundur untuk membangun tim, yang kemudian meraih kemenangan di Le Golf National, Perancis pada tahun 2018.

“Saya sangat senang dan berbangga diundang bergabung ke dalam Dewan European Tour.” — Thomas Bjorn

Sepanjang kariernya, Bjorn memang dikenal sebagai salah satu figur penting yang mendukung golf Eropa dan European Tour. Selama menjabat sebagai Ketua Komite Turnamen, ia turut berperan dalam sejumlah perubahan signifikan dalam sejarah 48 tahun European Tour.

Hal pertama terjadi pada tahun 2009 dengan memulai Race to Dubai, kampanye sepanjang tahun yang menggantikan perburuan Order of Merit yang lama. Dengan demikian pegolf nomor satu Eropa akan ditahbiskan pada turnamen tutup musim, DP World Tour Championship di Dubai.

Setelah itu, bersama David Williams yang menjadi Ketua Dewan Direksi sejak tahun 2014 dan Ketua Eksekutif Chief Pelley, yang ditunjuk pada tahun yang sama, Bjorn dan Komite Turnamen ikut mendirikan Rolex Series. Inilah kategori turnamen premium pada Jadwal Internasional European Tour.

“Thomas Bjorn selalu menjunjung kepentingan para anggota kami, dan tentu akan terus melakukan hal yang sama dengan menjadi bagian dari Dewan European Tour.” — David Williams, Ketua Dewan Direksi European Tour

Menanggapi penunjukannya sebagai bagian dari Dewan European Tour, Bjorn mengungkapkan, “Saya sangat senang dan berbangga diundang bergabung ke dalam Dewan European Tour. Saya telah menjalani hidup dan berpartisipasi dalam European Tour selama 25 tahun terakhir. Dan dalam periode tersebut, saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk memajukan Tour itu sendiri dan keanggotaannya. Hal yang sama juga akan saya lakukan untuk Dewan dan saya tak sabar untuk segera menjalani tugas saya.”

Williams, yang masih menjabat sebagai Ketua Dewan Direksi European Tour sangat menyambut bergabungnya Bjorn ke jajarannya.

“Saya sangat senang bisa menyambut Thomas ke dalam Dewan European Tour. Karier golfnya yang memukau sudah tercatat dengan baik, termasuk pengalamannya sebagai kapten pemenang Ryder Cup pada tahun 2018. Dia selalu menjunjung kepentingan para anggota kami, dan tentu akan terus melakukan hal yang sama dengan menjadi bagian dari Dewan ini,” ujar Williams.