Bintang-bintang PGA TOUR terus berkontribusi bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Dengan lebih dari 2 juta orang yang terinfeksi oleh virus corona (COVID-19) di seluruh dunia, belakangan ini lebih banyak lagi pegolf yang berpartisipasi dalam penggalangan dana. Mereka ini ikut berperan dalam upaya meringankan beban, khususnya bagi mereka yang bertugas dan berhadapan langsung dengan pandemi, maupun masyarakat yang merasakan krisis kesehatan yang berdampak luas ini.

Max Homa, pemegang satu gelar PGA TOUR, merupakan salah satu yang ikut berpartisipasi. Melalui akun Twitter-nya, Homa yang juga terkenal berkat kecerdasan dan kemampuan swingnya, telah menggalang dana hingga US$40.000 untuk menyediakan makanan di seluruh Amerika Serikat. Setelah mencapai targetnya ini, ia pun memajang fotonya, yang menunjukkan kedua tangan dan kakinya yang sudah bersih dicukur.

“Saya nyaris tak mengenali diri saya sendiri (sebagian besar lantaran kumis). Terima kasih untuk semua orang yang turut menyumbang! Bercukur selama 2 jam memang sepadan untuk semua makanan yang telah kita sediakan. Dan untuk menjawab pertanyaan semua orang, saya tidak mematahkan mata pisau cukur, dan saya pikir sekarang saya bisa melakukan swing dengan cepat lagi sekarang,” ujar Homa melalui Twitter-nya.

Kegiatan amal memang selalu menjadi pusat kegiatan PGA TOUR. Turnamen-turnamen mereka pun memiliki ikatan yang sangat erat dengan badan amal setempat. Tahun lalu saja, PGA TOUR telah melampaui total US$3 milyar dalam total penggalangan dana sepanjang masa yang telah mereka kumpulkan.

 

 

Juara U.S. Open 2019 Gary Woodland juga telah menyumbangkan US$100.000 melalui yayasannya. Angka ini kemudian disalurkan kepada delapan organisasi nirlaba di kampung halamannya, di Topeka, Kansas, untuk membantu masyarakat di sana dalam periode yang berat ini.

Adapun rekannya dalam ajang Presidents Cup, Tony Finau, juga telah bekerja sama dengan organisasi bernama For the Kids. Organisasi nirlaba ini membagikan makanan dan perangkat higienis kepada 500 anak sekolahan di Salt Lake City. Sementara itu, Kapten Tim Internasional Ernie Els membantu klub golf di New Jersey mengumpulkan makanan dan minuman bagi petugas tanggap darurat di rumah sakit setempat.

Dalam pernyataannya, Finau menyampaikan, “Harapan kami ialah dengan memperhatikan dan membantu anak-anak ini dan keluarganya, mereka bisa mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan dan merasakan semangat penuh cinta dan kebersamaan yang membuat Salt Lake City, dan seluruh negara bagian Utah, menjadi tempat luar biasa yang bisa disebut rumah.”

Adapun pemegang lima gelar PGA TOUR asal Marc Leishman, bersama Audrey, sang istri, memanfaatkan yayasan mereka, Begin Again Foundation di Virginia Beach untuk membantu para petugas kesehatan untuk mendapat makanan di rumah-rumah sakit setempat. Suami-istri ini menyadari bahwa para petugas kesehatan ini telah menghabiskan waktu berjam-jam merawat mereka yang terinfeksi virus. Itulah sebabnya mereka merasa perlu membantu operator makanan dan pemilik restoran karena bisnis mereka sangat terdampak dengan kebijakan social-distancing saat ini.

Audey sangat memahami pentingnya para petugas kesehatan ini karena lima tahun lalu ia sendiri berjuang menghadapi sepsis (infeksi patogenik mikroorganisme yang menyerang aliran darah) dan toxic shock syndrome, yang memaksanya tergantung pada ventilator dan hanya memiliki peluang bertahan hidup 5%. Keberhasilannya pulih dari kondisi tersebut membuat pasangan suami-istri ini merasa perlu berterima kasih kepada para petugas kesehatan. Itulah sebabnya keduanya sangat berhasrat mendukung para pejuang garda depan tersebut dalam krisis kesehatan ini.

 

Max Homa ikut berperan menggalang dana hingga US$40.000 untuk menyediakan makanan melalui dapur umum di AS guna meringankan beban masyarakat yang terdampak COVID-19. Foto: Getty Images.

 

“Dengan pengalaman sakit saya, kami sadar betapa beratnya tugas para dokter, suster, staf pendukung, terapis pernapasan dalam mempertahankan nyawa para pasien mereka,” ujar Audrey kepada PGATOUR.com. “Saya takkan hidup jika tidak karena mereka, jadi kami ingin ikut membantu mereka.”

Leishman menambahkan, “Dan kemudian restoran-restoran juga terpaksa tutup, kami ingin agar mereka juga bisa tetap beroperasi. Dan saya tahu hanya empat makanan hanya untuk kami … mungkin akan sedikit meringankan beban mereka. … Saya tidak tahu berapa banyak makanan yang mereka beli, tapi 60 atau 80, atau berapa pun jumlahnya. Kalau kami membeli sebanyak itu, semoga bisa meringankan beban restoran sehingga mereka bisa tetap buka.

“Kami sekadar ingin membantu sebisa kami.”

Bintang golf lain yang turut memberi kontribusi ialah Jim Furyk. Bersama sang istri, Tabitha, pemain yang telah mengoleksi 17 kemenangan PGA TOUR ini menyumbangkan US$100.000 yang akan dimanfaatkan untuk memberi peralatan perlindungan diri bagi para petugas kesehatan agar mereka bisa maksimal menangani COVID-19.

Adapun bintang golf asal Spanyol Sergio Garcia telah menyumbangkan €240.000 kepada Palang Merah Spanyol.