Keberhasilannya memenangkan Macao Open pada Minggu (22/10) lalu menjadikan Gaganjeet Bhullar sebagai pegolf termuda dengan delapan gelar Asian Tour. Dalam usianya yang belum mencapai 30 tahun, Bhullar telah mengumpulkan total delapan gelar Asian Tour.

Kemenangannya pada ajang Macao Open ia pastikan setelah meraih skor 3-under 68 untuk total skor 13-under 271. Pada hari Minggu itu Bhullar mencatatkan 7 birdie, 2 bogey, dan sebuah double bogey dan memastikan gelar kedelapannya dengan keunggulan 3 stroke di Macau Golf and Country Club.

Kemenangan ini juga istimewa baginya lantaran ini merupakan kali kedua Bhullar mengangkat trofi tersebut setelah pertama kali menjuarai turnamen ini lima tahun silam. Kemenangan yang memberinya hadiah sebesar US$90.000 ini membuatnya menjadi pegolf India ketiga setelah Arjun Atwal dan Jyoti Randhawa yang mencatatkan delapan gelar Asian Tour, sekaligus sama-sama menjadi pegolf India dengan rekor kemenangan Asian Tour terbanyak.

Meskipun masih jauh dari rekor yang dicatatkan oleh Thaworn Wiratchant (18 gelar) dan Thongchai Jaidee (13), ataupun Prayad Marksaeng (10), suksesnya tersebut juga membuatnya menjadi pegolf pertama yang menjuarai delapan turnamen sebelum genap berusia 30 tahun.

Dominasi yang ia tunjukkan, dengan terus ada di puncak klasemen sejak putaran pertama, memberinya motivasi yang tinggi ketika menuju ke Jakarta.

”Anda belajar banyak tiap kali bisa menang dengan dominasi sejak hari pertama pada ajang Asian Tour. Saya ingin bertumbuh sebagai pemain dan belajar banyak dari menang dan bahkan kalah,” ujar Bhullar yang saat menjuarai Macao Open baru berusia 29 tahun.

Bhullar menyebut kerja keras dan kemitraan baru dengan pelatih Noah Montgomery menjadi kunci keberhasilannya.

”Saya mulai berlatih dengan pelatih saya pada musim panas dan kami bekerja keras meningkatkan permainan saya. Ia mengubah beberapa aspek pada swing saya dan hal itu sungguh membantu saya. SIkap keseluruhan dan cara pandang saya terhadap golf dan permainan juga telah berubah,” papar Bhullar.

Kembali ke Jakarta untuk mempertahankan gelar Indonesia Open yang ia menangkan tahun lalu, sekaligus berusaha meraih kemenangan ketiganya di Jakarta, Bhullar mendapat kepercayaan diri yang sangat baik berkat kemenangannya di Macau tersebut.

Meski demikian, ia bakal menghadapi sejumlah pemain potensial lainnya. Dua pegolf India yang menjadi anutannya, Jeev Milkha Singh dan Jyoti Randhawa dipastikan ikut bersaing. Selain itu, pemegang rekor gelar Asian Tour terbanyak asal Thailand, Thaworn Wiratchant juga akan bermain di Pondok Indah Golf Course.

Pegolf Amerika separuh Indonesia, Johannes Sugianton Veerman yang tengah dalam performa yang tak kalah solidnya juga akan berusaha mengejar gelar Asian Tour pertamanya. Tahun lalu pegolf 25 tahun asal Texas ini meraih posisi T2.

Sementara tuan rumah akan dipimpin oleh Rory Hie, pegolf Indonesia pertama yang meraih kartu Asian Tour. Rory yang meraih prestasi terbaiknya pada ajang TAKE Solutions Masters bulan Agustus lalu dengan finis T4, memang belum pernah berkompetisi lagi di Pondok Indah Golf Course selama 20 tahun terakhir. Meskipun demikian, ia berniat untuk meraih hasil yang positif pekan ini.

”Saya meraih hasil terbaik pada Asian Tour dua bulan lalu, jadi saya berharap bisa mengulangi hasil bagus tersebut di sini,” ujar Rory.