Titleist memahami bahwa perangkat yang di-fitting dengan tepat akan memaksimalkan permainan setiap orang. Itulah sebabnya mereka mendesain pelayanan fitting terbaik agar para pegolf—rekreasional maupun inspirasional—bisa memaksimalkan perangkat berkualitas yang juga mereka produksi. Pendekatan fitting yang mereka tawarkan diawali dengan pemahaman yang unik terhadap para pemain—profesional dan amatir—yang memang serius meningkatkan permainan mereka.

Program Advance Fitting Day (AFD), sebagai program fitting club, telah hadir selama beberapa waktu, juga di Indonesia melalui Titleist Indonesia. Pakar fitting Titleist Indonesia Randy Mawuntu siap untuk memaksimalkan permainan pemain setiap hari Rabu di Emeralda Golf Club dengan terlebih dahulu membuat janji untuk mengikuti AFD.

Better Fit Better Game

Satu sesi AFD akan memungkinkan pegolf untuk mendapat evaluasi terhadap perangkat yang digunakan saat ini dan mencari tahu perubahan apa yang perlu dilakukan guna memaksimalkan perangkatnya, yang pada akhirnya menurunkan skornya. Pengalaman AFD ini tidak jauh berbeda dengan yang dialami oleh para pegolf profesional saat hendak mem-fitting club mereka.

Trackman Launch Monitor merupakan salah satu keunggulan AFD. Monitor launch yang menyediakan parameter, seperti sudut launch, jumlah spin, kecepatan clubhead, kecepatan bola, dan sudut tanjakan (ascending) bola dan turunan (descending) bola. Selain itu, SureFit Fitting Cart yang Titleist miliki akan menyediakan beragam model club dan shaft dari beragam berat, panjang, dan kelenturan.

1. Pastikan sesi yang dibutuhkan

Ada beberapa opsi yang ditawarkan pada AFD. Anda bisa memilih melakukan fitting untuk driver, wedge, atau iron. Tersedia juga opsi untuk melakukan fitting pada seluruh isi tas Anda!

2. Bawa set club sendiri

Sangat disarankan Anda membawa set club yang biasa Anda gunakan. Hal ini akan membantu fitter Titleist untuk melihat dan melakukan penilaian terhadap permainan Anda dengan set club Anda selama ini.

3. Penilaian terhadap kondisi permainan

Fitter akan melihat komposisi setting set club Anda. Anda juga diharapkan mengenali permainan sendiri, termasuk mengetahui dengan baik jarak pukul dengan tiap club. Terkait jarak pukul, sebaiknya Anda mengenali rata-rata jarak pukul yang Anda peroleh dengan tiap club, bukan jarak pukul terbaik yang Anda miliki. Di sini, di antaranya, akan dilihat ke mana kecenderungan arah pukulan.

Better Fit Better Game 2

4. Mencari club yang sesuai

Dari sekian banyak model yang tersedia—untuk iron, misalnya AP1, AP2, MB, CB—akan dilihat, model mana yang akan sesuai untuk Anda. Ini bukan tebak-tebakan! Salah satu keunggulan AFD Titleist ialah penggunaan perangkat Trackman Launch Monitor sebagai perangkat terbaik saat ini untuk mengukur berbagai parameter—sudut launch, flight bola, kecepatan swing, kecepatan clubhead, kecepatan bola, jumlah spin, jarak carry, total jarak pukul, dan sebagainya—yang akan membantu Anda mencari kombinasi yang tepat.

5. Mencari shaft yang sesuai

Kecepatan swing Anda akan menentukan shaft yang ideal untuk permainan Anda. Setelah melihat permainan Anda, fitter akan memilihkan shaft dengan tingkat kelenturan dan berat yang ideal untuk memaksimalkan permainan.

6. Mengoptimalkan launch

Setelah mendapatkan shaft yang ideal, parameter lain yang akan diperhatikan ialah sudut launch. Pada driver, optimalisasi ini dilakukan untuk mendapatkan spin yang rendah sehingga menghasilkan jarak carry dan total jarak pukul yang jauh. Sementara pada iron lebih ditujukan agar menghasilkan spin yang tinggi dan memungkinkan bola memiliki daya henti begitu turun.