Wil Besseling menjadi raja di Munchen usai menjuarai seri ketiga BMW Indoor Invitational powered by TrackMan di Golfclub Munchen Eichenried.

Seri ketiga BMW Indoor Invitational powered by TrackMan kali ini mengambil latar Golfclub Munchen Eichenried. Dan kali ini, sebanyak 31 pegolf profesional European Tour turut berpartisipasi dalam ajang yang menyediakan US$10.000 untuk didonasikan sesuai pilihan dari sang pemenang.

Martin Kaymer sebelumnya sempat menjadi salah satu unggulan jelang seri ketiga dari turnamen dalam ruangan yang diprakarsai BMW dan TrackMan ini. Pasalnya, lapangan yang dimainkan adalah lapangan yang telah memberikan momen yang sangat berkesan bagi pegolf Jerman tersebut.

Pada tahun 2003 ia menikmati pengalaman lolos cut untuk pertama kalinya dalam ajang profesional, ketika masih amatir, di lapangan tersebut. Lima tahun kemudian, ia juga meraih kemenangan di lapangan yang sama.

Namun, bermain secara virtual, tampaknya sedikit memberi nuansa yang berbeda baginya. Bermain di lapangan yang dimainkan 73 par, Kaymer membukukan tiga birdie dengan satu eagle, namun mencatatkan empat bogey sehingga harus puas bermain dengan skor 1-under 72. Catatan ini enempatkannya di peringkat T4 bersama duo Perancis Alexander Levy dan Raphael Jacquelin, serta pegolf Belgia Nicholas Colsaert yang melakoni debutnya.

Kali ini pegolf Belanda lainnya, Wil Besseling, tampil digdaya melampaui 30 peserta lainnya. Meski memulai permainan dengan bogey di hole pertama, ia menorehkan lima birdie dengan satu eagle, plus dua bogey tambahan untuk memberinya skor 69. Skor ini memberinya kemenangan dua stroke dari juara seri pekan lalu asal Skotlandia, Connor Syme, yang membukukan skor 71.

“Golf virtual memang sudah ada selama beberapa waktu, tapi tidak sebagaimana yang kami lakukan pada saat ini.” — Wil Besseling

“Ajang ini merupakan inisiatif yang luar biasa dari European Tour, BMW, dan TrackMan yang berkolaborasi dan mengorganisasi sesuatu yang sangat berbeda dengan yang biasa kami lakukan pada turnamen-turnamen golf normal,” ujar Besseling.

“Golf virtual memang sudah ada selama beberapa waktu, tapi tidak sebagaimana yang kami lakukan pada saat ini. Beberapa bulan terakhir memang menjadi periode yang sangat berbeda dalam karier saya, tapi juga memberi sesuatu yang sangat menarik untuk betapa realistisnya lapangan (virtual) yang disajikan.”

Performa Besseling sejak pertama kali bermain dari seri pertama di St. Andrews Old Course memang terbilang fenomenal. Tiap pekan posisinya selangkah lebih baik. Setelah finis di tempat ketiga pada seri pertama, ia menjadi runner-up di Royal Portrush pekan lalu, dan kini ia menjadi juara.

“Saya sangat senang melihat penyelenggaraan turnamen dalam ruangan seperti ini karena kami hampir tidak bisa ke mana-mana, jadi saya memastikan ikut untuk lima pekan berturut-turut. Saya finis di tempat ketiga dan kedua dalam dua pekan pertama, jadi rasanya senang bisa menang kali ini, ini kemenangan virtual pertama saya!” imbuhnya.

 

 

Besseling pun memutuskan membagi donasi yang ia menangkan kepada Doneer een mondkapje, yang mensuplai masker pelindung kepada para petugas garda depan di Belanda. Sebagian lagi ia sumbangkan kepada Bake for Life, sebuah yayasan amal yang menciptakan pekerjaan dan penghasilan tetap bagi masyarakat di Afrika.

“Saya sangat senang bisa membantu dua kegiatan amal dengan menjadi pemenang pada pekan ini. Semoga donasi itu mengubah hidup orang banyak menjadi lebih baik,” ujarnya. “Sebagian saya sumbangkan kepada Doneer een mondkapje, yang telah melakukan hal luar biasa di Belanda. Mereka menyumbangkan uang yang mereka hasilkan untuk membeli masker pelindung bagi petugas di rumah sakit, petugas kesehatan, dan mereka yang melakukan jasa layanan antar esensial sehingga semua mereka ini bisa terlindungi.

“Sebagian lagi saya sumbangkan kepada Bake for Life. Ini kegiatan amal yang berbeda, tapi sesuatu yang tak kalah luar biasa. Mereka membuka usaha pembuatan roti di Afrika, menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang banyak dan menjual roti sehingga mereka bisa mendapat penghasilan sendiri. Mereka memulai pekerjaan ini di dekat kampung halaman saya dan saya pikir ini inisiatif yang luar biasa yang membantu banyak orang, tak hanya memberi mereka uang, tapi juga menciptakan lapangan kerja dan membantu mengembangkan kehidupan yang stabil.”

Seri keempat BMW Indoor Invitational powered by TrackMan akan berlanjut minggu depan dan akan dimainkan di Real Club Valderrama.

1 Comment

Comments are closed.