Putaran pertama Indonesian Golf Tour Seri VII yang bergulir kemarin (13/11) menempatkan Benita Yuniarto Kasiadi dan Elki Kow di puncak klasemen sementara. Kedua pegolf profesional ini sama-sama membukukan skor 6-under 66 pada ajang yang kali ini berlangsung di Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai Course.

Elki sempat memimpin klasemen putaran pertama sendirian. Pegolf berusia 24 tahun tersebut menempatkan dirinya di posisi teratas setelah meraih empat birdie di enam hole terakhir, setelah sebelumnya mendapat empat birdie dan dua bogey.

”Pukulan saya hari ini bagus. Tidak ada kesalahan fatal yang terjadi sehingga saya bisa main 6-under,” tutur Elki.

Perolehan skor Elki tersebut kemudian disamakan oleh Benita. Mengawali putaran pertama dari hole 1, sama seperti Elki, Benita mencatatkan skor yang mengesankan setelah membukukan empat birdie di sembilan hole pertamanya. Ia kemudian menutup putaran pertamanya dengan birdie di hole 18, setelah di hole 15 juga mencatatkan skor serupa.

Game plan di setiap hole berjalan sesuai rencana. Permainan saya makin solid dengan pukulan kedua dan putting saya yang bagus sekali hari ini,” ujar Benita yang kemarin bermain tanpa bogey.

Meski bermain nyaris tanpa celah, Benita mengaku kalau ia sebenarnya berpeluang mendapatkan lebih banyak birdie.

”Ada beberapa hole memang yang meleset mendapat birdie. Namun, tidak menghasilkan bogey,” ujarnya.

Satu stroke di belakang Benita dan Elki, Fajar Win Nuryanto dan Jordan Surya Irawan mengintai. Dengan skor 5-under 67, keduanya bakal meramaikan persaingan pada Seri VII yang berlangsung di Damai Indah Golf Bumi Serpong Damai Course ini.

Fajar mengaku performanya kemarin (13/11) merupakan buah dari pengalamannya bermain dalam ajang beregu IGT-PGM Championship bulan September lalu.

”Saya banyak belajar dari rekan-rekan pegolf pro Indonesia. Skor ini merupakan hasil pembelajaran tersebut. Saya pun lebih banyak berlatih keras dan berupaya meminimalkan kesalahan,” ujar Fajar yang berharap tren positif ini berlanjut pada putaran kedua hari ini (14/11).

Adapun Jordan mengawali kembalinya ia pada iklim kompetisi dengan meyakinkan berkat torehan serupa 5-under 67. Absen mengikuti berbagai turnamen dalam dua bulan terakhir, Jordan berusaha menyelaraskan fisik dan pikirannya untuk kembali berkompetisi.

”Saya tidak memegang stik golf dalam dua bulan ini dan absen dari berbagai turnamen. Ini saya putuskan setelah menyadari bahwa pikiran saya sedang tidak sejalan dengan permainan saya sehingga merusak performa dalam beberapa turnamen,” tuturnya.

Dari kategori amatir, pegolf muda asal Jawa Timur, Jose Suryadinata berhasil membukukan skor 2-under 70. Bermain dengan dikawal oleh sang ayah, Jose mengaku berusaha mengembalikan permainan terbaiknya.

”Saya bersama ayah saya memperbaiki faktor mental yang kadang memengaruhi permainan,” ujar pegolf berusia 15 tahun ini.

Putaran pertama kemarin sempat berhenti lantaran hujan deras dan petir sehingga permainan terpaksa dilanjutkan pagi tadi pukul 06:15.

Indonesian Golf Tour Seri VII kali ini mendapat dukungan dari PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Buma). Perusahaan yang memberikan berbagai pelayanan kepada produsen batubara Indonesia tersebut kali ini menjadi sponsor dan menyediakan hadiah total Rp300 juta.

Perkembangan putaran kedua bisa Anda ikuti melalui situs resmi Indonesian Golf Tour atau PGA Tour Indonesia.