BANK BRI-JCB Indonesia Open akhirnya harus berlanjut pada hari Senin esok (21/11) setelah kondisi cuaca yang buruk memaksa penundaan berlarut-larut sejak 13:05 WIB. Dua pegolf India, Gaganjeet Bhullar dan seniornya Jeev Milkha Singh harus kembali ke Pondok Indah Golf Course lagi melanjutkan tiga hole tersisa dari putaran keempat mereka besok.

Bhullar yang tertinggal satu stroke dari Singh pada awal putaran keempat berbalik unggul setelah mencatatkan lima birdie di tujuh hole yang ia mainkan. Ketika turnamen dihentikan, Bhullar sudah unggul dua stroke dari Singh dengan skor 16-under.

”Situasi seperti ini sudah bisa diduga saat bermain di belahan bumi sini. Saya akan menganggap besok sebagai hari Minggu. Secara mental saya akan menegaskan dalam benak saya bahwa saya siap menuntaskan turnamen ini pada hari Minggu, bukan Senin!

”Hal yang bagus untuk bermain dalam tekanan karena itulah saat ketika permainan yang asli bisa dikeluarkan. Saya tak sabar untuk segera melanjutkan putaran ini,” imbuh Bhullar yang tak berniat untuk mengubah rencana permainannya.

Sementara itu, Singh yang dua kali berpredikat sebagai pemain nomor satu Asian Tour melakukan pukulan tee yang buruk di hole 16 sebelum sirene berbunyi. Meskipun demikian, birdie yang ia bukukan di hole 13 dan 14 masih memberinya peluang untuk meraih gelar pertama sejak 2012.

”Drive saya yang buruk akan memberikan peluang bagi Gaganjit karena dia bisa lebih relaks dan melakukan banyak pertimbangan. Saya sudah memberinya tekanan, tapi sekarang giliran dia yang melakukannya,” ujar Singh yang saat ini sudah memeggang 14 gelar di seluruh dunia.

Menyinggung keputusan melanjutkan turnamen pada hari Senin, Tournament Diretor Asian Tour Jittisak Tamprasert menjelaskan, ”Keputusan ini diambil setelah berdiskusi dengan para sponsor dan panitia. Ini keputusan terbaik yang diambil untuk turnamen ini mengingat kita mengalami sejumlah penundaan selama sepekan ini.”

Hingga turnamen dihentikan, ada 19 pegolf yang masih belum menuntaskan permainannya. Dari 19 pemain tersebut di antaranya adalah Adrian Halimi dan Danny Masrin. Adrian masih menyisakan dua hole lagi dan untuk sementara mencatatkan total skor 5-over. Adapun Danny masih harus menuntaskan tiga hole lagi dan masih bermain even par setelah bogey di hole 1 dan birdie di hole 2.

Adapun tiga pegolf Indonesia lainnya telah menuntaskan putaran final masing-masing. Pegolf amatir Almay Rayhan Yaqutah yang tampil prima pada dua putaran awal menuntaskan debutnya kali ini dengan torehan 5-under 283 setelah hari ini (20/11) bermain 1-under 71. Sementara itu, Jordan Surya Irawan harus puas dengan 4-over 292 dan George Gandranata bermain even par 288.

Turnamen akan dilanjutkan Senin pada pukul 06:15 waktu setempat.