Zhang Xinjun memulai PGA TOUR musim 2020-2021 dengan awal yang solid pada ajang Safeway Open.

Usai meraih prestasi terbaik pada musim keduanya sebagai anggota penuh PGA TOUR, Zhang Xinjun mengawali musim 2020-2021 ini dengan hasil yang solid. Finis T14 pada awal musim jelas bukan sesuatu yang buruk. Zhang berhasil finis di peringkat tersebut, bersama delapan pegolf lainnya, setelah membukukan skor total 15-under 273, sekaligus menjadikannya pegolf Asia terbaik pada Safeway Open tahun ini.

Setelah bermain dengan skor 69-67-67 dalam tiga putaran pertamanya, pegolf asal Shanxi, China ini kembali menampilkan permainan yang meyakinkan. Ia mencatatkan birdie pertamanya hari itu melalui chip-in dari jarak 17 meter dan di hole 5, ia menambah birdie dari jarak 3 meter. Putt birdie yang ia masukkan di hole 7 dari jarak 11 meter menjadi putt jarak jauhnya pada putaran final itu.

Sayangnya, di hole berikutnya, ia terpaksa mendapat bogey setelah pukulan tee-nya masuk ke rough sehingga menyulitkan untuk mencapai green dalam dua pukulan. Zhang juga terpaksa melakukan dua putt di hole tersebut.

Berharap permainannya bisa kembali bangkit, ia mencatatkan birdie keempatnya di hole 12. Sayangnya, itulah satu-satunya birdie yang bisa ia dapatkan di sembilan hole terakhirnya. Dengan bogey di hole 15, ia harus puas dengan skor 2-under 70 dan finis di peringkat T14 untuk membawa hadiah sebesar US$100.650 (sekitar Rp1,5 milyar). Prestasi terbaiknya pada Safeway Open ia raih tahun lalu ketika finis T7.

 

Anirban Lahiri mencatatkan prestasi terbaiknya dalam tiga keikutsertaannya pada Safeway Open dengan finis T36. Ini juga menjadi prestasi terbaiknya dalam 25 turnamen PGA TOUR terakhir yang ia ikuti. Foto: Getty Images.

 

Hasil yang ia peroleh kali ini jelas jauh lebih baik ketimbang musim 2019-2020 lalu. Kala itu, Zhang bermain pada ajang A Military Tribute at The Greenbrier dan gagal lolos cut. Dengan prestasi kali ini, Zhang menempatkan dirinya di peringkat 13 klasemen FedExCup.

Musim lalu juga menjadi musim terbaik dalam karier profesionalnya. Zhang, yang telah memenangkan dua gelar Korn Ferry Tour pada tahun 2019 untuk kembali ke PGA TOUR, berhasil menjadi pegolf China Daratan pertama yang bermain pada ajang pertama FedExCup Playoff, yaitu THE NORTERN TRUST. Ia mengakhiri musim lalu di peringkat 78.

Sementara itu, Juara Indonesian Masters 2014 Anirban Lahiri mengawali musim yang baru ini dengan finis di peringkat T36. Setelah mengawali turnamen ini dengan skor 2-over 74, Lahiri bangkit dan menorehkan skor 7-under 65 untuk melangkah ke putaran akhir pekan. Setelah pada hari ketiga membukukan skor 67, Lahiri mengakhiri putaran final dengan mencatatkan 2-under 70 berkat dua birdie yang ia bukukan di dua hole terakhirnya.

Seperti halnya Zhang, hasil T36 ini menjadi awal musim yang jauh lebih baik ketimbang musim lalu ketika ia juga harus gagal lolos cut. Pekan ini, Lahiri berhasil memperbaiki penampilannya pada Safeway Open dengan berhasil main penuh selama empat putaran, setelah sebelumnya ia selalu gagal lolos cut. Selain itu, T36 juga menjadi hasil terbaiknya dalam 25 ajang PGA TOUR terakhir yang ia ikuti.

Stewart Cink berhasil menjuarai Safeway Open tahun ini dengan torehan 21-under 267, unggul dua stroke dari Harry Higgs. Inilah gelar PGA TOUR ke-7 bagi pegolf berusia 47 tahun ini. Gelar ini juga menjadi gelar pertamanya sejak terakhir menjuarai The Open Championship 2009.

 

Andy Zhang sempat menjadi sorotan setelah bermain 6-under 66 pada hari pertama Safeway Open, namun harus menutup turnamen ini dengan skor 78 dan finis di peringkat 71. Foto: Getty Images.

 

Bagaimana Wakil Asia Lainnya?

  • Juara THE PLAYERS 2017 Kim Siwoo berada dua stroke di belakang Lahiri, dengan skor total 10-under 278
    Pegolf China Taipei pertama yang bermain pada Presidents Cup, C.T. Pan menorehkan 6-under 282 dan finis di posisi T61.
  • Remaja sensasional dari Korea Kim Joohyung menempati peringkat T67 setelah bermain 69-70-74-71.
  • Rekan senegara Zhang, Andy Zhang, finis di posisi 71. Andy sempat bermain cemerlang pada hari pertama dengan skor 66, namun menutup turnamen ini dengan skor 78.