Ajang flagship PGA of Australia, Australian PGA Championship kembali ke jadwal penyelenggaraan tradisionalnya pada musim panas.

Setelah absen pada edisi 2020 akibat pandemi COVID-19, Australian PGA Championship dijadwalkan akan kembali digelar pada tanggal 2-5 Desember 2021 di lapangan bersejarah di Brisbane, Royal Queensland Golf Club.

Ketua Eksekutif PGA of Australia Gavin Kirkman mengungkapkan kegembiraan pihaknya, yang segera kembali menyelenggarakan ajang ini. Tanggal tersebut sekaligus mengembalikan kompetisi papan atas itu ke slot musim panas.

”Setelah harus kecewa akibat pembatalan pada tahun lalu, kami merasa sangat senang bisa kembali menggelar Australian PGA Championship edisi 2021 ini,” ujar Kirkman.

”Australian PGA Championship selalu menjadi tontonan jutaan penggemar di seluruh dunia, jadi kami bersemangat untuk memainkan peranan dalam menyegarkan sektor pariwisaya untuk Queensland dan menyoroti keindahan Kota Brisbane dengan menghadirkan kualitas peserta dari para pemain terbaik ke Royal Queensland Golf Club.

”Lapangan menakjubkan di Royal Queensland ini telah mengalami perubahan yang signifikan sejak terakhir kalinya ajang flagship kami ini digelar di sana; dan para pemain kami, mitra-mitra, dan pemangku kepentingan lainnya juga sama bersemangatnya untuk kembali mengalami lapangan, plus keramahtamahan kelas dunia di Brisbane.”

Kejuaraan ini sendiri telah beberapa kali dimenangkan oleh putra-putra terbaik Australia. Adam Scott telah memenangkan ajang ini sebanyak dua kali, yaitu tahun 2013 dan terakhir tahun 2019 lalu. Selain itu, Cameron Smith juga telah meraih kemenangan tahun 2017 dan 2018. Adapun pegolf top asal Royal Queensland Golf Club, Greg Norman, juga memenangkannya tahun 1984 dan 1985.

 

Adam Scott menjuarai Australian PGA Championship 2019 dan diharapkan bisa kembali untuk mempertahankan gelarnya. Daniel Carson/PGA of Australia.

 

Menteri Pariwisata dan Olahraga Stirling Hinchliffe turut menyambut kembalinya ke kalender kegiatan It’s Live! di Queensland.

”Queensland merupakan rumah bagi olahraga elite, jadi kami tak sabar untuk menyambut ajang premium golf Australia ini kembali ke Queensland pada musim panas tahun ini,” ujar Hinchliffe.

”Kegiatan-kegiatan seperti PGA Championship ini sangat penting untuk membawa para pengunjung ke Brisbane, yang sekaligus dapat mendukung lapangan pekerjaan masyarakat setempat dan ikut membantu pemulihan ekonomi, yang saat ini tengah berlangsung.

”Bisa menghadirkan kembali para pegolf terbaik ke fairway di Royal Queensland untuk kejuaraan ini bakal memberi semangat bagi para penggemar Australia dan menampilkan Brisbane kepada jutaan penggemar yang menyaksikan melalui TV dan streaming dari seluruh dunia.

Lord Mayor Adrian Schrinner menyebut fasilitas-fasilitas golf kelas dunia di Brisbane, dengan akomodasi, lokasi bersantap, dan pengalaman liburan yang memukau bakal menjadi pemandangan di sekitar penyelenggaraan kejuaraan ini.

”Ajang olahraga secara langsung ini berkembang di Brisbande dan kami berharap bisa menarik banyak penonton dari luar wilayah kami seiring dengan kembalinya kejuaraan ini dan membuka tempat kami sebagai rumah bagi ajang olahraga utama di Australia,” timpal Schrinner.

 

Australian PGA Championship menjadi salah satu daya tarik global yang ikut mendongkrak ekonomi setempat. Foto: Daniel Carson/PGA of Australia.

 

”Selagi para pengunjung berada di sini, kami akan mendorong para penggemar golf untuk menikmati atraksi di luar lapangan juga, termasuk menjelajahi eksibisi-eksibisi seni, mencicipi menu di restoran-restoran terkenal, berlayar di sungai, dan menikmati area perbelanjaan yang sensasional.

”Brisbane memiliki fokus yang kuat untuk mempertahankan kegiatan olahraga seperti ini karena ajang-ajang ini menyoroti kota kami dan menciptakan arus ekonomi yang bermanfaat bagi pariwisata, hospotalitas, ritel, dan industri layanan setempat.”

Australian PGA Championship ini sendiri menjadi salah satu agenda dari ISPS HANDA PGA Tour of Australiasia, dan akan dimainkan di Royal Queensland, lapangan yang telah berusia 101 tahun, untuk pertama kalinya sejak 2001. Kejuaraan ini juga turut disokong oleh European Tour, dan menjadi salah satu agenda awal musim European Tour untuk musim 2022.

Ajang ini jelas menjadi ajang kerja sama dari berbagai pihak di kalangan Pemerintah Queensland, melalui Tourism and Events Queensland, dan Brisbane City Council, melalui Brisbane Economic Development Agency.

Tiket untuk menyaksikan langsung kejuaraan ini juga telah mulai dijual melalui Ticketek.