Kapten Tim Internasional Ernie Els mengumumkan bahwa An Byeonghun menggantikan Jason Day untuk ajang Presidents Cup dua pekan mendatang.

Pergantian pemain akibat cedera ternyata tak hanya dialami oleh Tim Amerika Serikat. Tim Internasional juga terpaksa mengganti salah satu anggota timnya setelah Jason Day terpaksa mundur. Kapten Ernie Els pun langsung mengambil keputusan untuk memanggil An Byeonghun sebagai pengganti Day.

Day sebenarnya telah menjadi satu dari empat pemain pilihan Els, melengkapi delapan anggota yang sudah terpilih lebih awal. Seharusnya, Presidents Cup kali ini menjadi partisipasi kelima bagi pegolf Australia tersebut.

Sayangnya, hari ini Day terpaksa mundur dari kompetisi yang segera digelar pada 9-15 Desember 2019 ini lantaran mengalami cedera punggung.

“Kami berharap Jason (Day) lekas pulih. Kami sangat ingin Jason menjadi bagian dari tim di Royal Melbourne dan kami merasa kehilangan dia dan pengalamannya,” ujar Els.

“Kabar bagusnya ialah kami memiliki sejumlah pemain yang kuat dan berkualifikasi untuk menggantikan posisinya ketika saya menentukan pemain pilihan. Bisa memiliki pemain semantap dan seberbakat Ben An (sapaan An Byeonghun) akan menempatkan kami pada posisi yang bagus. Ben telah bermain sangat baik pada musim gugur dan sepanjang tahun ini dan dia bakal langsung cocok dalam tim.”

Dengan bergabungnya An, Tim Internasional kini beranggotakan dua pemain asal Korea, melengkapi Im Sungjae, PGA TOUR Rookie of the Year 2019, yang juga menjadi pemain pilihan Els.

Sepanjang musim 2018-2019 ini, An tiga kali finis di peringkat sepuluh besar, dan delapan kali finis di jajaran 25 besar di panggung PGA TOUR. Hasil tersebut termasuk finis di peringkat 3 pada ajang Wyndham Championship bulan Agustus 2019 lalu.

“Saya sangat menyayangkan Jason yang terpaksa mundur dari Tim Internasional dan berharap dia lekas pulih. Telepon dari Ernie (Els) yang memberi tahu bahwa saya masuk ke dalam tim benar-benar memberi kejutan besar.” – An Byeonghun

An sebenarnya finis di peringkat 15 pada klasemen Tim Internasional sehingga tidak dapat otomatis menjadi bagian dari tim. Namun, ia juga menjadi salah satu kandidat untuk menjadi satu dari empat pemain pilihan sang kapten ketika memulai PGA TOUR musim 2019-2020 dengan sangat meyakinkan. Pertama, ia finis di peringkat 3 pada ajang Sanderson Farms Championship, T6 pada THE CJ CUP @ NINE BRIDGES, dan T8 pada ZOZO CHAMPIONSHIP. Dia juga finis T14 pada ajang World Golf Championships-HSBC Champions.

“Saya sangat menyayangkan Jason yang terpaksa mundur dari Tim Internasional dan berharap dia lekas pulih. Telepon dari Ernie (Els) yang memberi tahu bahwa saya masuk ke dalam tim benar-benar memberi kejutan besar,” tutur An.

“Sepanjang musim ini saya sudah menargetkan masuk Tim Internasional untuk Presidents Cup dan saya merasa sangat terhormat bisa bermain pada ajang Presidents Cup untuk yang pertama kalinya. Saya tak sabar untuk bergabung dengan Ernie dan seluruh anggota tim lainnya di Melbourne dan, yang terpenting, berkontribusi bagi target Tim Internasional memenangkan ajang ini!”

Day sendiri wajar merasa kecewa lantaran cedera ini juga memaksanya untuk tidak tampil pada Australian Open sepekan sebelum Presidents Cup lantaran ia sendiri sangat menantikan kedua ajang penting tersebut.

“Saya sebenarnya telah mempersiapkan diri sepanjang pekan di Palm Springs ketika akhirnya mendapat cedera. Yang membuat saya frustrasi lagi ialah saya sudah mengalami masalah di bagian punggung ini sebelumnya dan tim medis saya memutuskan, yang terbaik bagi saya ialah berhenti sepenuhnya dari berlatih dan bermain. Jadi, saya memberi tahu Golf Australia mengenai hal ini, termasuk memberi Ernie waktu yang cukup untuk mempersiapkan Tim Internasional kami sebaik mungkin untuk berlaga di Royal Melbourne. Saya berharap bisa segera main di Australia dalam waktu dekat. Doa saya bagi seluruh kompetitor di Sydney dan rekan-rekan setim saya di Melbourne,” tutur Day.

Day finis di peringkata 9 pada klasemen Tim Internasional. Dalam empat partisipasinya, ia mencatatkan rekor 5 kemenangan, 11 kali kalah, dan 4 kali bermain imbang pada Presidents Cup.