Meski mengalami leher kaku, Sattaya Supupramai berhasil menguasai klasemen hari pertama sekaligus memimpin perburuan gelar King’s Cup presented by PTT Group. Pemain berusia 32 tahun ini mencatatkan skor 7-under 63.

Pemegang tiga gelar Asian Development Tour (ADT) ini mengawali putaran pertama hari ini dengan mencatatkan 4 birdie di 6 hole pembukanya.

”Saya sangat puas dengan permainan hari ini. Sebenarnya, waktu bangun saya merasa leher saya sangat kaku pagi ini dan sangat tak nyaman. Ahli fisio melakukan tugasnya dengan luar biasa dan setelah memijatnya, leher saya terasa lebih baik,” papar Sattaya.

Ia meraih satu-satunya bogey di hole 9 par 4, yang merupakan hole tersulit di Phoenix Golf & Country Club.

Sattaya menjelaskan penempatan pin di hole tersebut memang sulit. Akibatnya, akan sangat berat melakukan recovery jika memainkan pukulan yang buruk di hole ini.

”Saya tahu itu hole yang sulit. Tee off saya malah masuk ke rough dan saya lekas menyemangati diri sendiri agar segera melupakan bogey tersebut,” tuturnya.

Sembilan hole terakhir pun ia mainkan dengan mencatatkan 4 birdie lagi.

Adapun mengikuti tiga pemain berada di belakang Sattaya. Mencatatkan 5-under 65, pemain Italia Francesco Laporta berbagi tempat dengan pemain India, Gaganjeet Bhullar dan pegolf Amerika Serikat Tom Johnson.

Laporta yang berjuang menjalani musim pertamanya pada European Tour mengaku puas dengan permainannya hari ini.

”Menjadi pendatang baru itu tidakah mudah. Saya main di Sunshine Tour selama tiga tahun terakhir, tapi tak pernah main sebagu itu tahun ini. Ini tahun pertaa saya dan saya yakin permainan saya akan makin bagus lagi,” ujar pemain asal Italia ini.

Sementara itu, Gaganjeet Bhullar menyoroti kunci keberhasilan pekan ini akan terletak pada permainan putter-nya. Meski mendapatkan 1 eagle dan 5 birdie, dengan 2 bogey untuk 5-under 65, Bhullar menilai permainannya bisa lebih bagus lagi.

”Saya akan lebih melatih putting saya lagi karena aspek tersebut akan membedakan sang juara dari seluruh pemain di sini,” ujarnya.

Adapun pemegang Major, Trevor Immelman asal Afrika Selatan hanya bermain 1-under 69.

Tahun ini, gelaran King’s Cup presented by PTT Group ini memperebutkan hadiah uang sebesar US$750.000 dan merupakan agenda resmi Asian Tour dan European Tour.