Untuk pertama kalinya, sebuah ajang match play yang juga ditujukan bagi para pegolf profesional resmi diselenggarakan. Ajang yang bertajuk The Gunung Geulis Match Play Championship sponsored by Credit Suisse ini kemarin (23/10) telah dimulai dan dimainkan di Gunung Geulis Country Club.

Sebanyak 83 peserta meramaikan ajang ini. Ada 47 pegolf profesional dan 36 pemain amatir yang memulai perhelatan yang memperebutkan hadiah sebesar Rp300 juta.

Pada hari pertama kemarin, para peserta tersebut memainkan babak kualifikasi dengan menggunakan format stroke play guna menentukan 32 pemain yang akan melanjutkan ke format match play.

Pada fase kualifikasi tersebut, Danny Masrin berhasil mencatatkan skor terbaik dengan torehan 5-under 67. Bahkan Danny menjadi satu-satunya pemain yang berhasil bermain under. Dari total 32 pemain yang lolos ke format match play, dua di antaranya merupakan pemain amatir, yaitu Suharsono dan Theodore Raharja.

Babak match play itu sendiri mulai dimainkan pukul 13.30 dengan empat hole (hole 1, 4, 10, dan 13) akan memainkan empat pertandingan. Sayangnya, ketika grup ketiga dari tiap hole baru memainkan pukulan kedua di hole pertamanya, hujan deras turun disusul dengan sirine panjang yang menandakan babak 32 besar terpaksa dihentikan.

Hingga pukul 16.30, kondisi cuaca masih tidak memungkinkan pertandingan dilanjutkan sehingga Direktur Turnamen Eddy Putra memutuskan untuk menghentikan semua pertandingan, untuk dilanjutkan lagi pada Rabu pagi ini pada pukul 06.30.

Ian Andrew menjadi salah satu dari enam pegolf pertama yang melangkah ke babak 16 besar. Foto: Yulius Martinus/Indonesian Golf Tour.

Meski demikian, enam partai dinyatakan telah selesai. Hendri Nasim, Ian Andrew, Hamzah Rachmadi, Hanbo Lee, Rinaldi Adiyandono, dan Ramadhan Alwi berhasil melaju ke babak berikutnya. Mereka dinyatakan menang setelah Sanusi, Asep Capri, Rusli Abu Bakar, Ari Sutedi, Sarmilih, dan pegolf amatir Suharsono mengundurkan diri.

Para pemenang dari babak 32 besar ini akan bertarung lagi di babak 16 besar setelah pertandingan pagi ini.

The Gunung Geulis Match Play Championship sponsored by Credit Suisse ini merupakan format match play pertama yang resmi dipertandingkan juga bagi para pegolf profesional. Sebelumnya, turnamen ini bernama Credit Suisse Amateur Match Play Championship dan hanya mempertandingkan para pegolf amatir. Format baru ini memberi kesempatan bagi para pegolf profesional untuk terekspos ajang match play.

Tahun ini, gengsi pemain amatir juga diberikan pada turnamen kali ini. Dua pemain amatir terbaik akan mendapatkan hak bermain pada ajang Asian Development Tour, Combiphar Players Championship, yang akan dimainkan di New Kuta Golf Club, Pecatu, Bali awal bulan November 2018 mendatang. Biaya pendaftaran, tiket, dan akomodasi juga akan sepenuhnya ditanggung. Dan slot ini akhirnya dimenangkan oleh Suharsono dan Theodore Raharja.

Turnamen ini juga menjadi bagian dari agenda Indonesian Golf Tour sehingga perolehan hadiah uangnya akan turut diperhitungkan dalam perlombaan Order of Merit.

Leave a comment