Putaran kedua Yamaha Ladies Open Katsuragi menjadi panggung bagi pegolf Korea untuk tampil ke permukaan. Ahn Sun-ju berhasil mencuri perhatian pada putaran kedua di Yamaha Course, Katsuragi Golf Club, Shizuoka, Jepang setelah berhasil tampil luar biasa dan menorehkan 8-under 64, yang sekaligus melambungkan pegolf berusia 29 tahun ini ke puncak klasemen pada turnamen LPGA Japan tersebut.

Sempat mengawali putaran pertama dengan catatan yang cukup mengecewakan, 1-over 73, Ahn mencatatkan angka terendah pada putaran kedua, yang mendongkrak posisinya dari peringkat ke-25 pada awal putaran kedua dan kini berada di puncak klasemen untuk menjalani putaran ketiga.

Performa Ahn yang luar biasa tersebut langsung terlihat pada sembilan hole pertama ketika ia menuntaskannya dengan 32 pukulan. Perolehan tersebut ia dapatkan dengan mencatatkan 3 birdie, sebuah eagle, dan hanya sebuah bogey.

Empat birdie lainnya berhasil ia torehkan pada akhir sembilan hole keduanya. Total skor 7-under 137 miliknya sudah cukup untuk menggeser posisi Shin Ji-yai dan Ayaka Watanabe, yang pada putaran pertama kemarin (30/3) berada di posisi teratas.

”Hari ini (31/3) sangat dingin dan berangin. Tangan saya terasa mata rasa karena kedinginan,” tutur Ahn. ”Tapi saya berhasil memulihkan diri. Saya merasa terbantu lantaran short iron saya juga sangat baik dan memainkan peran yang besar untuk mendapatkan skor yang bagus hari ini.”

Sementara itu, meskipun terlempar dari posisi teratas, Ayaka Watanabe masih berhasil menjaga peluangnya untuk kembali menjuarai turnamen ini setelah menuntaskan putaran kedua dengan skor even par. Dengan total skor 140, ia berada 3 pukulan di belakang Ahn.

Adapun Shin Ji-yai bermain lebih buruk dan menuntaskan hari kedua dengan catatan 6-over 78, yang sekaligus membuatnya terlempar ke peringkat T15.

Dengan batasan cut off pada total 6-over, sebanyak 61 pegolf akan melanjutkan perjuangan mereka pada putaran akhir pekan.