Perluasan jadwal kompetisi musim 2019-2020 memungkinkan PGA TOUR menghadirkan festival golf sepanjang tahun bagi para penggemar golf di seluruh dunia.

PGA TOUR mengumumkan jadwal padat sepanjang musim 2019-2020 mendatang. Total 49 turnamen bakal digelar dalam rentang September 2019 sampai Agustus 2020. Ada perubahan drastis dari kalender kali ini, setelah mereka melakukan penyesuaian untuk memberi fokus pada Olimpiade Tokyo 2020.

Dari total 49 turnamen, 2 di antaranya merupakan turnamen baru, yaitu ZOZO CHAMPIONSHIP di Jepang dan Bermuda Championship. Sementara itu, dua turnamen lagi merupakan turnamen yang kembali digelar, setelah sempat absen semusim lantaran adanya transisi pada jadwal tengah musim 2018, yaitu A Military Tribut at the Greenbrier dan Houston Open. Rangkaian turnamen ini sekaligus menjadi segmen pembuka musim 2019-2020.

Menyambut Olimpiade Tokyo 2020, PGA TOUR memutuskan tidak mengadakan turnamen untuk mengarahkan fokus global pada ajang empat tahunan yang bakal diadakan pada 27 Juli sampai 2 Agustus 2020, lalu melanjutkan dengan Wyndham Championship dan tiga turnamen FedExCup Playoff. Jelang Olimpiade Tokyo, PGA TOUR juga melakukan sedikit perubahan dengan ajang Rocket Mortgage Classic di Detroit dipindahkan ke akhir Mei. Adapun WGC-FedEx St. Jude Invitational dan Barracuda Championship digeser ke awal Juli, yang juga berganti jadwal dengan 3M Open di Blaine, Minnesota.

“Setelah tahun pertama yang sangat sukses dengan jadwal baru, dengan penuh semangat kami umumkan perluasan jadwal turnamen menjadi 49 sambil mempertahankan alur yang menarik dari awal sampai akhir untuk memungkinkan para penggemar terlibat dengan lebih baik dan mengikuti TOUR sepanjang musim,” ujar Jay Monahan, Komisioner PGA TOUR.

“Untuk tahun kedua, kami bersemangat untuk memulai Musim Kejuaraan dengan THE PLAYERS pada bulan Maret, yang berakir dengan FedExCup Playoff bulan Agustus, termasuk kembalinya Olimpiade.

“Untuk porsi awal musim pada jadwal ini, para pemain kami akan menyadari pentingnya hasil yang meyakinkan untuk perburuan menuju FedExCup dan hal ini diterjemahkan menjadi sebuah pertumbuhan dan momentum dari turnamen yang dimainkan pada musim gugur.”

Musim 2019-2020 ini dimulai dengan gelara A Military Tribute at the Greenbrier pada 9-15 September, disusul dengan The Sanderson Farms Championship, sebelum kemudian berlanjut dengan Safeway Open, Shriners Hospitals for Children, dan Houston Open.

The ZOZO CHAMPIONSHIP menjadi salah satu turnamen baru, sekaligus menjadi turnamen PGA TOUR pertama di Jepang setelah diumumkan pada bulan November 2018 lalu. Foto: Getty Images.

Jadwal penting lain yang ditujukan khusus bagi publik golf Asia ialah rangkaian tiga turnamen di Asia, yang dimulai dengan gelaran THE CJ CUP @ NINE BRIDGES di Pulau Jeju, Korea pad 14-20 Oktober. Setelah itu TOUR akan menuju ke Jepang untuk turnamen perdana mereka di sana lewat ajang The ZOZO CHAMPIONSHIP, yang bakal digelar di Accordia Golf Narashino Country Club, Prefektur Chiba pdaa 21-27 Oktober. World Golf Championships-HSBC Champions di Shanghai, China akan menutup Asian Swing ini pada 28 Oktober-3 November.

Dari Asia, perhatian akan kembali ke Amerika, persisnya di Southampton dengan gelaran Bermuda Championship. Turnamen ini menjalani debutnya pada musim 2019-2020.

Gelaran Presidents Cup di Royal Melbourne Golf Club, Australia pada 9-15 Desember juga menjadi bagian dari jeda kompetisi, yang dimulai setelah Mayakoba Golf Classic di Meksiko.

Hawaii masih menjadi destinasi pertama PGA TOUR pada tiap awal tahun dengan jadwal turnamen yang tidak berubah sampai Rocket Mortgage Classic yang harus dipindahkan ke akhir Mei. Empat pekan berikutnya pun akan tetap mempertandingkan turnamen yang sama seperti musim ini, sampai WGC-FedEx St. Jude Invitational dan Barracuda Championship digelar sebelum Olimpiade.

Wyndham Championship akan menjadi turnamen penutup untuk memastikan klasemen akhir FedExCup Playoff untuk memberi drama tambahan bagi kompetisi sepanjang musim dengan Wyndham Rewards Top 10 yang akan ditentukan. Kompetisi jangka panjang ini merupakan kompetisi senilai US$10 juta yang mengakhiri Musim Reguler dengan memberikan hadiah tersebut kepada sepuluh pemain teratas pada klasemen FedExCup. Diperkenalkan pertama kalinya pada musim ini, sang juara nantinya akan menerima US$2 juta.

Dengan gelaran Olimpiade, FedExCup Playoff baru akan dilanjutkan sepekan kemudian. Itu berarti bulan Agustus akan diakhiri dengan gelaran THE NORTHERN TRUST (16-20 Agustus), BMW Championship (17-23 Agustus), dan TOUR Championship (24-30 Agustus).

Selain urusan turnamen, beberapa tempat penyelenggaraan baru dan yang populer turut disertakan dalam kalender ini. PGA Championship akan dimainkan di TPC Harding Park, San Francisco, sementara U.S. Open kembali ke Winged Foot Golf Club di Mamaroneck, New York. Sementara itu, The Open Championship bakal ekmbali ke Royal St. George’s Golf Club di Sandwich, Inggris.

Untuk pertama kalinya, THE NORTHERN TRUST akan digelar di Boston, persisnya di TPC Boston, Norton, Massachussets. Adapun BMW Championship bakal diadakan di Olympia Fields Country Club, Chicago.

Leave a comment